Senin, 11 Januari 2016

Perkenalan awal ,..Interior Kapal .

1.1.Pendahuluan
               Sebagai satu disiplin ilmu teknik perkapalan, mungkin ilmu Interior kapal kurang dikenal masyarakat  bila dibandingkan dengan disiplin ilmu perkapalan yang lain.   bandingkan misal dengan permesinan kapal, perencanaan kapal, kelistrikan kapal,pengelasan kapal......meski secara tuntutan pemanfaatan di bidang pembangunan kapal disiplin ilmu Interior kapal ...jelas amat di butuhkan. 


                                       
                                          Gambar :Ruang klas pembelajaran teori Interior Kapal
                                                          di SMKN 3 Buduran Sidoarjo/STMN Perkapalan

                                Gambar :Ruang Simulator Interior Kapal untuk Kamar Tidur ABK
                                (terhalang sedikit oleh bakal perahu naga BAITHO YUDHO                                                                 milik tim dayung WELING STEMAPAL ) di bengkel praktek                                                               Interior Kapal SMKN3 Buduran Sidoarjo/STMN Perkapalan .


1.2.       Sejarah Desain Interior

Dahulu desain interior hanya dikenali sebagai ilmu dalam menghias ruang dalam bangunan. Sejak dahulu manusia telah menata dan menghias ruang dalam tempat tinggal mereka untuk tujuan kenyaman dan keindahan. Bahkan sejak zaman prasejarah manusia purba telah mulai melukis dinding gua yang menjadi tempat tinggal mereka. Meskipun hal tersebut tidak bisa dikatakan sebagai desain interior, tetapi pemikiran dasar untuk perancangan interior ruang telah dimulai oleh mereka meskipun masih dalam tahapan yang masih sangat sederhana.


Salah satu lukisan goa yang ada di Maluku


Sejarah desain interior berjalan bersamaan dengan pembangunan struktur bangunan. Dalam merancang struktur suatu bangunan dahulu orang sudah merencanakan pula hiasan estetika yang akan mempercantik tampilan struktur bangunan tersebut. Hiasan yang biasa dipergunakan dahulu adalah lukisan dan ukiran, dengan melukis dan mengukir struktur bangunan seperti pada dinding dan pilar maka hiasan ini juga mempercantik tidak hanya untuk eksterior tetapi juga pada bagian interior suatu bangunan yang didirikan.
Dalam perkembangannya desain interior memiliki banyak kaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia. Saat ini dengan tuntutan kebutuhan manusia yang semakin beragam, perancangan interior telah berkembang dengan memanfaatkan teknologi terkini. Dengan memanfaatkan teknologi akan semakin mempermudah segala kegiatan manusia yang berlangsung didalam ruangan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga banyak berpengaruh terhadap perubahan desain interior masa kini yang lebih mengutamakan pada fungsi selain dari segi estetika interior ruang. Keterbatasan ruang tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas didalamnya, bahkan bisa dikembangkan untuk multifungsi pada satu ruang.
Perkembangan teknologi  merupakan suatu pertimbangan lain dianggap memiliki peran yang besar dalam kemajuan desain interior dari masa ke masa. Untuk memenuhi kebutuhan yang akan lebih mempermudah kehidupan manusia, peran teknologi ini menjadikan desain interior ruang berubah dari masa ke masa sesuai dengan kemajuan zaman dan tuntutan kebutuhan. Selain itu peran dari perkembangan gaya hidup juga berpengaruh pada perubahan desain interior ruang.
Sejarah desain interior sendiri tergambar dengan jelas di beberapa bidang yang berbeda. Berdasarkan sejarah arsitektur yang menyertakan elemen seni dekorasi, termasuk furniture, karya seni dari besi, kaca, keramik dan tekstil, yang seringkali dikelompokkan secara terpisah. Untuk perancangan interior semua hasil karya seni ini tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap tetapi menjadi elemen yang menyatu dengan semua hasil karya yang terdapat dalam interior ruang, baik memiliki fungsi maupun hanya sekedar dekorasi saja.
Peran dari seorang perancang interior sejak dahulu dituntut  untuk mampu menjawab permasalahan yang muncul dalam merancang interior ruang dengan memanfaatkan ilmu dasar yang dimilikinya dengan menggabungkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, kemajuan teknologi mempengaruhi dalam kehidupan sehari-hari manusia. Hal ini juga berpengaruh pada perancangan desain interior ruang masa kini. Dahulu kebutuhan dapur merupakan ruangan yang kotor dan berantakan, sekarang kebutuhan dapur itu semakin menjadi terbatas dan bisa diakomodir dengan teknologi yang memudahkan pekerjaan di dapur yang tadinya sulit dikerjakan.

Image result for dapur minimalis

Saat ini perkembangan desain interior di dunia berkembang sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Gaya hidup instan dan praktis menjadi pilihan sesuai masyarakat yang tidak mau lagi direpotkan untuk hal yang bisa dipermudah dengan kemajuan teknologi. berbagai  aktivitas sehari-hari ditunjang dengan teknologi terkini sehingga akan mempengaruhi desain interior ruang aktivitas mereka. Contohnya inovasi pada desain interior dapur semakin sederhana dengan  peralatan modern di dapur seperti kompor gas, kompor listrik, penghisap asap, oven microwave, mesin pencuci piring (dishwasher), dan lain lain.


Kesan dapur sebagai bagian rumah yang terletak di belakang dan kotor tidak lagi terlihat pada desain dapur masa kini yang lebih modern dan bersih. Peran dari inovasi peralatan dapur yang lebih modern dan praktis telah membuat dapur menjadi tampil lebih indah.



1.2.       Konsep Dasar Interior

Desain interior merupakan suatu karya seni yang mengungkapkan dengan jelas dan tepat suatu bentuk ruang yang mencerminkan fungsi dan estetika, dengan tetap memperhatikan faktor-faktor lain yang mendukung keberadaan ruang tersebut.
Latar belakang dari mengatur ruangan sebagai bagian dan pekerjaan dalam mendesain interior ruangan adalah karena penghuni atau pengguna ruangan menghendaki adanya suasana yang nyaman, baik, indah dan mampu melayani segala kebutuhan secara fisik mapun emosional. Dengan penataan interior yang baik maka diharapkan segala kebutuhan
Sistem atau cara pengaturan ruang dalam yang mampu memenuhi  pesyaratan tersebut  itulah yang dinamakan dengan “desain interior” (interior design).

Image result for desain interior

Desain interior  memiliki pengertian yang sangat luas, yang menyangkut berbagai aspek didalamnya, sosial, budaya, ekonomi, teknik, dan dalam peranannya mencerminkan kehidupan manusia desain interior bisa memperlihatkan semua aspek tersebut. Dengan hanya melihat suatu desain interior suatu ruangan maka penilaian dapat diberikan terhadap ruangan tersebut baik terhadap perencana, pemilik, pengelola dan pengguna ruangan tersebut. Sehingga perancangan yang kurang tepat bisa berakibat salah terhadap suatu penilaian orang yang berada didalamnya.
Dengan berpegang untuk menciptakan ruang yang nyaman dan indah, desain interior memiliki sebuah peran yang sangat tinggi dalam mempengaruhi orang yang berada didalamnya. Seiring dengan perkembangan zaman saat ini desain interior telah berkembang guna memenuhi tuntutan masyarakat akan suatu ruang. Fungsi dari ruang yang menjadi landasan utama dalam ilmu desain interior tidak lagi hanya sebatas itu saja. Pada perkembangannya, selain memperhatikan juga segi estetika, ada beberapa pertimbangan lainnya yang diperhatikan oleh seorang perancang interior. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah keamanan dan segi teknis yang menyangkut ruang dalam interior.
Kebutuhan akan ruang merupakan latar belakang adanya ilmu desain interior, karena pada hakekatnya manusia membutuhkan ruang untuk beraktivitas dan menghabiskan sebagian hidupnya didalam ruangan. Maka untuk menjawab kebutuhan ini diperlukan suatu perencanaan interior yang baik dan bisa membuat nyaman orang yang berada di dalamnya. Selain itu pertimbangan suatu fasilitas yang dibutuhkan untuk aktivitas didalam ruangan juga menjadi pertimbangan untuk merencanakan suatu interior ruangan.

Ruang tidur merupakan ruang yang harus didesain secara cermat, mengingat di ruang inilah manusia menghabiskan waktunya untuk beristirahat tidur, selain itu pertimbangan kegiatan dan kebutuhan akan fasilitas lainnya harus  diperhatikan seperti lemari penyimpanan,meja kerja, meja rias, perangkat televisi untuk hiburan, dan kebutuhan lain yang diperlukan oleh pemilik kamar tersebut.
Tuntutan akan perkembangan teknologi informasi merupakan suatu pertimbangan yang dianggap memiliki peran yang besar dalam kemajuan desain interior. Orang dengan mudah mengakses informasi dengan bantuan berbagai media salah satunya adalah media elektronik internet, kemajuan teknologi informasi ini telah memungkinkan suatu kemajuan dalam bidang interior bisa di ketahui secara cepat oleh pengguna di seluruh belahan dunia. Selain itu perkembangan teknologi informasi ini telah membuat kebutuhan ruang semakin sederhana dan tidak rumit lagi, karena dengan kebutuhan ruang yang bisa digabungkan untuk berbagai fungsi dan didesain secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan ruang untuk aktivitas tertentu..
Dalam perancangan interior juga harus dimulai dengan berpikir secara luas mengenai lingkungan sekitar manusia. Memperhatikan lingkungan sekitar ruang merupakan suatu kebutuhan yang harus diperhatikan secara seksama. Karena manusia bereaksi, dan bertindak pada suatu ruangan dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan dimana ruangan itu berada. Maka perancang interior harus menitikberatkan pada faktor utama dalam sistem perancangan interior, yaitu :
a.    Manusia
b.    Ruang
c.    Lingkungan
Dari ketiga faktor tersebut maka perancang dapat mempertimbangkan banyak hal yang menjadi kebutuhan dalam merancang interior. Kebutuhan-kebutuhan tersebut merupakan bagian penting yang akan menjadikan keberhasilan dalam merancang suatu ruangan, karena tanpa mempertimbangkan ketiga faktor tersebut akan menjadi mustahil hasil akhir interior ruangan akan bisa dikatakan berhasil.

a.    Manusia
Informasi yang dikumpulkan disini adalah orang yang menjadi pemberi tugas atau klien, dan nantinya akan menjadi pengguna ruangan tersebut . Disini komunikasi antara perancang dan klien perlu dilakukan dengan baik, karena dari komunikasi dua arah ini nantinya akan timbul gagasan yang bisa di sampaikan oleh perancang guna memenuhi kebutuhan ruang yang dibutuhkan oleh klien. Dengan komunikasi yang baik di harapkan akan dihasilkan rancangan yang baik secara teknis dan estetis, tetapi tetap dengan mengacu pada kebutuhan klien ( misalnya dalam pembangunan kapal pemilik/ pemesan kapal disebut ” ship owner”)


b.    Ruangan
Informasi mengenai ruangan baik fungsi dan jenisnya merupakan suatu pertimbangan yang harus diperhatikan oleh perancang. Karena ruangan adalah obyek pekerjaan yang harus dilakukan maka penguasaan terhadap ruangan harus benar-benar diperhatikan terutama dalam segi teknis dan mekanis. Jenis ruangan akan berpengaruh pada perancangan yang dilakukan, karena perancangan akan perpedoman pada faktor teknis dan mekanis yang telah ada. misalnya dalam pembangunan kapal tentunya berapa jumlah ruangan yang dibutuhkan dan masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda, sehingga kapasitas dan volume ruangan perlu diperhitungkan.


c.    Lingkungan
Lingkungan sekitar yang menjadi obyek perancangan harus dipertimbangkan sebagai bagian dari lingkungan interior ruang yang dirancang. Kaitan antara lingkungan sekitar akan sangat berpengaruh pada lingkungan dalam interior ruang, perancangan ruang interior yang tidak mengindahkan lingkungan sekitarnya bisa berakibat tidak baik untuk ruangan tersebut.

 (bersambung)

222 komentar:

  1. up,...up...ayoo jangan ragu belajar interior kapal

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo megah tampilan sesuai ukuran yang ada sangat mungkin....namun kalo megah seperti royal princess dan harus mengikuti spesifikasi ukurannya,...itu sulit

      Hapus
  3. siap pak !

    infonya bagus dan membantu

    BalasHapus
  4. terima kasih bapak, untuk informasi dasar pengenalan interior kapal

    BalasHapus
  5. terima kasih pak infonya cukup membantu

    BalasHapus
  6. info diatas sangat bermanfaat buat saya, terimakasih pak sudah mempostingnya, semoga bermanfaat untuk yang lainnya

    BalasHapus
  7. terima kasih pak atas infonya mengenai perkenalan awal interior kapal ini sangat menambah referensi saya

    BalasHapus
  8. bagaimana penerapan ruang dalam kapal agar bisa dikembangkan untuk multifungsi pada satu ruang ?, dan ruangan apa saja yang dapat diterapkan dengan system tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. multi dimaksud seperti apa contohnya ? klo yg dimaksud multi fungsi pada manfaat yang masih searah ,...tentu masih dimungkinkan. misalnya ruang ABK difungsikan juga untuk ruang baca ABK bersangkutan atau untuk ruang kerja administrasi pribadi ABK....itu masih dimungkinkan....

      Hapus
  9. terima kasih pak infonya, mungkin ini akan lebih membantu dalam pengenalan interior kapal di luaran sana

    BalasHapus
  10. terimakasih pak atas info yang pak imron sampaikan mengenai perkenalan awal interior kapal . sangat bermanfaat bagi saya dan juga pada seluruh siswa siswi teknik interior kapal

    BalasHapus
  11. Sebelum berterima kasih, saya mau menanyakan suatu hal tentang Ruangan. Menurut bapak mungkinkah ruangan kapal selam bisa dibuat megah seperti halnya ruangan yang berada di kapal Royal Princess, meskipun terhalang oleh ruang yg sempit. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo megah tampilan sesuai ukuran yang ada sangat mungkin....namun kalo megah seperti royal princess dan harus mengikuti spesifikasi ukurannya,...itu sulit

      Hapus
  12. terima kasih pak infonya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  13. Minta rekomendasi buku interior kapal dong pak MUH

    BalasHapus
  14. sae pak Im.... tulis yang banyak tentang kapal pak. terutama kapal kayu

    BalasHapus
  15. Blog ini sangat bermanfaat untuk saya sebagai siswa interior kapal angkatan 29 terimakasih🙏

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Terima kasih pak, blog ini memiliki informasi yang sangat bermanfaat bagi siswa interior

    BalasHapus
  18. Terimakasih pak atas infonya sangat bermanfaat bagi saya untuk mengenal lebih dalam tentang apa itu interior

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. terima kasih pak, dari blog ini membuat saya lebih mengenal tentang desain interior

    BalasHapus
  21. terimakasih pak informasi ini sangat berguna dan bermanfaat bagi kita yang ingin lebih mengetahui tentang dasar interior

    BalasHapus
  22. Terima kasih pak, blog ini sangat membantu bagi siswa siswi perkapalan yang mau belajar tentang dasar dasar interior kapal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mau bertanya pak, apa saja lingkup kerja desainer interior?

      Hapus
  23. terima kasih pak infonya, sangat bermanfaat, bagus buat referensi belajar.

    BalasHapus
  24. terima kasih pak atas ilmu tentang desain interior ilmu ini tidak hanya untuk siswa perkapalan ilmu ini juga bisa di publikasikan ke masyarakat agar orang di luaran sana tidak memandang sebelah mata tentang tehnik interior

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Terimakasih banyak pak atas info nya jadi bisa nengetahui tehnik dasar interior kapal

    BalasHapus
  27. Terimakasih atas informasinya pak, telah menjelaskan ilmu sejarah nya dari desaign interior

    BalasHapus
  28. Terima kasih pak,sudah membuat blog tentang interior khususnya.Semoga blog ini dapat menjadi acuan belajar saya dan teman-teman.Saya juga mau bertanya pak,apa yang harus dimiliki oleh desainer interior dan bagaimana cara menyusun sebuah proyek desain interior?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaanmu bagus.
      seorang desainer interior akan lebih utuh kemampuannya kalo dia menguasai teknologi interior plus memahami art/seni mengenai interior. kekuatan kenyamanan pada suatu hasil pekerjaan pada interior rasanya kurang indah bila sentuhan seni tak diberi kesempatan untuk tampil.

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Terimakasih pak, blog ini sangat membantu dan bermanfaat untuk siswa/siswi yang ingin belajar teknik dasar interior kapal

    BalasHapus
  31. Sangat membantu dalam pemahaman pekerjaan interior🙏

    BalasHapus
  32. Pada dasarnya, orang memang suka menghabiskan waktu diruangan saat waktu sibuk maupun luang, itu didasar karena nyaman dengan ruangan tersebut. Disini saya tertuju dengan ruangan Mess Room pada Kapal Pesiar. Menurut pak imron desain apa yang bisa menarik atau membuat kenyamanan yang sesuai pada ruangan tersebut?. setahu saya ruangan mess room didesain se-epic mungkin untuk menarik wisatawan agar betah/nyaman diruangan tersebut, dari segi warna, tema, penempatan perabotnya,DLL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaanmu bagus...
      untuk membuat desain messroom yang yummy untuk ditempati memang butuh perancangan yang pas.sebelum kita membuat gambar rencana suatu messroom....ada baiknya kita dapatkan dulu data yang ada di messroom(ukuran ruang/kapasitas, pendukung messroom yg bersifat tehnis) serta data mengenai kegiatan apa saja yang akan menjadi aktifitas favourit di messroom nantinya. sebab itu terkait dengan sarana pendukung yang akan disediakan.berikutnya....siapkan rancangan art/seni untuk memperindah tampilan messroom sesuai konsep seni yang akan di tunjukkan.misalnya..tampilan berbau etnik/kedaerahan/suku tertentu, atau tampilan bergaya future teknologi(umpamanyamemasang kran air dengan dilengkapi sensor cahaya, lampu penerangan dengan dilengkapi sensor suara ,menampilkan televisi 3D dsb)

      Hapus
  33. Terimakasih blog ini sangat membantu dan sangat mudah dipahami dan juga membantu memperluas wawasan saya tentang Interior kapal, sebelumnyaAdakah perbedaan antara desain interior dengan interior kapal? Terimakasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan cari unggahan di blog ini tentang belajar mandiri lewat internet, akan ketemu jawabannya . unggahan tahun2016 juga. terima kasih ya ...pertanyaanmu bagus

      Hapus
  34. Terimakasih blog nya sangat bermanfaat pak , saya mau bertanya dijelaskan diatas terdapat 3 faktor utama perancangan interior,apakah faktor tersebut termasuk prinsip-prinsip desain interior?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih fiqriyah.....pertanyaan bagus
      itu termasuk prinsip dasar yang harus dipertimbangkan dalam perancangan interior.
      1.manusia
      karena rancangan interior itu terkait dengan ruangan yang akan dimanfaatkan oleh manusia. ada baiknya kita mengetahui dulu manusia yang akan berada di ruangan tersebut.gender/jenis kelaminnya, ras (ada ketidak samaan dimensi fisik dan kebiasaan dalam beraktifitas),

      2. ruangan.
      pemanfaatan ruangan yang berbeda tentu akan membawa konsekwensi tampilan ruang yang berbeda juga.(ruang navigasi tentu beda tampilan dengan ruang dapur misalnya)

      3.lingkungan
      pertimbangkan lingkungan yang melingkupi suatu ruangan tersebut apakah mendukung ataukah tidak. misalnya ruang tidur dirancang dekat dengan ruang mesin kapal.ini contoh kasus yang lingkungan tidak mendukung. tapi kalau ruang makan ada di sebelah dapur ..itu contoh lingkungan yang mendukung.

      Hapus
  35. Apakah Desain Interior kapal ini hanya mempelajari Interior pada kapal saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus....
      secara prinsip arahnya kesana iya.
      secara pengembangan itu dapat di padu padankan untuk desain interior secara umum

      Hapus
  36. Terimakasih banyak atas blog yang ditulis. Blog ini sangat membantu kita (terutama untuk siswa SMKN 3 BUDURAN Jurusan Interior), karena dalam blog ini menjelaskan sejarah dan konsep desain pada interior kapal. Blog ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar dan lebih mengetahui apa desain interior tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam blog tersebut ada beberapa faktor untuk desain interior yang harus dipenuhi. Petanyaan saya adalah jika salah satu faktor tersebut tidak dapat dipenuhi apakah pendesain tetap bisa mendisain interior seperti dan sebagus yang diinginkan???
      Terimakasih🙏

      Hapus
    2. contoh 1 faktor yang tak dapat dipenuhi apa misalnya ?

      Hapus
  37. terimakasih pak,blognya sangat mmebantu dalam mengerjakan tugas interior kapal

    BalasHapus
  38. Sangat bagus dan bahasa nya mudah dipahami, saya izin bertanya apakah perbedaan desain di ruang kapal dengan diruangan pada rumah? Terimakasih 🙏

    BalasHapus
  39. Untuk menjadi seorang desain interior apa yang harus dimiliki nya?

    BalasHapus
  40. terimakasih blog ini sangat berguna dan saya ingin bertanya tahapan dalam pembangunan interior kapal itu bagaimana? terimakasih

    BalasHapus
  41. Terima kasih atas info dasar pengenalan interior kapal

    BalasHapus
  42. Terima kasih pak blog ini sangat berguna juga bermanfaat bagi saya maupun siswa lain yang ingin menambah wawasannya tentang desain interior.Saya mau bertanya dari tiga faktor diatas yang sudah dijelaskan apakah ada faktor lain untuk perancangan interior?

    BalasHapus
  43. Terimakasih informasi Yang ada sangat bermanfaat, saya mau bertanya apakah faktor utama sangat berpengaruh jika tidak dilakukan dalam mendesain? Terimakasih.

    BalasHapus
  44. terimakasih atas informasi sejarah interior kapal design, pak imron saya ingin menambah blog ini untuk berisi tentang macam2 kapal dan macam2 lambung nya (loa,lwl,lpp) , soalnya kalo ada tugas di blog lain2 nya juga terbatas , terimakasih

    BalasHapus
  45. Terima kasih, blog nya sangat membantu dan bermanfaat. Saya mau bertanya, apa saja elemen dasar dalam desain interior?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus
      kalau kamu pakai istilah elemen....diuraian tadi milih istilah faktor utama. silakan baca lagi uraian diatas

      Hapus
  46. terima kasih pak atas infonya mengenai perkenalan awal interior kapal ini sangat menambah referensi saya tentang ilmu dibidang Interior yang tidak hanya menghias bagian dalam ruangan tetapi berbagai macama bidang.

    BalasHapus
  47. alhamdulillah sangat bermanfaat sekali artikel di blog ini,saya harap pak imron juga membuat artikel tentang kapal entah itu ukuran kapal atau konstruksi kapal, supaya bisa menjadi referensi kami dalam mengerjakan tugas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ingin bertanya pak, siapa sih tokoh di bidang desain interior yang berpengaruh di dunia desain interior

      Hapus
  48. terima kasih pak untuk membuat artikel yang sangat bermanfaat tentang desain interior, sebelumnya saya mohon izin untuk bertanya soal "apa yang menjadi tolak ukur interior dalam suatu ruangan dapat dikatakan baik dan nyaman untuk orang yang memakai ruangan tersebut?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus pertanyaanmu
      bila persaratan teknis saat perancangan dan pengerjaannya dipenuhi. persaratan itu meliputi 3 faktor utama. silakan baca lagi uaraiannya

      Hapus
  49. terima kasih untuk penjelasan pada blog ini, saya ingin bertanya : mengapa desain tempat tidur harus yang paling cermat dan perlu sangat teliti bagaimana dengan ruangan lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan bagus
      kecermatan dan ketelitian deain tempat tidur disaratkan agar unsur kekuatan, kenyamanan saat di pakai dapat terpenuhi. mengingat tempat tidur dikapal harus dapat dimanfaatkan untuk beristirahat secara baik oleh orang yang menempati walaupun kapal sedsang melaut. bagaimana dengan ruang yang lain.
      ? sepertinya tuntutan untuk tetap dapat memenuhi unsur kuat,nyaman apalagi keindahan/estetika rasanya juga tetap dibutuhkan sesuai pemanfaatan ruangnya.

      Hapus
  50. Assalamualaikum Saya izin bertanya pak,dalam sebuah pendesainan interior dalam rumah dan dalam kapal mana yang lebih mudah untuk menata ruangan tersebut pak? Sekian terimakasih pak🙏

    BalasHapus
  51. jawabannya relatif. penjelasan saya berikan setelah tahu siapa kamu

    BalasHapus
  52. Terimakasih pak untuk blog nyaaa,Untuk menjadi seorang desain interior kemampuan apa yang harus kita miliki?

    BalasHapus
  53. Terimakasih pak untuk blog nyaaa,Untuk menjadi seorang desain interior kemampuan apa yang harus kita miliki?

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. saya mau menanyakan suatu hal tentang Ruangan.mungkinkah ruangan kapal selam bisa dibuat megah seperti halnya ruangan yang berada di kapal pesiar, meskipun terhalang oleh ruang yg sempit?

    BalasHapus
  56. Terimakasih pak untuk blog yang sudah di berikan, ini sangat bermanfaat tentunya bagi kita sendiri jurusan Interior kapal. Sejak kapan jurusan Interior kapal di SMKN 3 Buduran sudah tidak menggunakan desain secara manual?

    BalasHapus
  57. Alhamdulillah, terima kasih pak atas blog dan infonya sangat membantu dan bermanfaat bagi saya maupun siswa-siswi lain. Saya mau bertanya kenapa lingkungan sekitar yang menjadi objek perancangan harus dipertimbangkan sebagai bagian dari lingkungan interior yang di rancang?

    BalasHapus
  58. Saya mau bertanya pak , apakah bisa desain Ruang abk kapal dengan ukuran ruangan yang kecil di minimalisir tempatnya untuk benda-benda yang dimiliki abk tersebut ?

    BalasHapus
  59. Saya mau bertanya pak, kenapa dalam melakukan desain interior harus mengenal ruangan yang akan di desain terlebih dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karena setelah kita mengenal ruangan termasuk fungsinya maka konsep penataan ruangan berdasarkan desain interior bisa kita optimalkan terutama mengacu kepada fungsi ruangan tersebut

      Hapus
  60. Trimakasih Pak Blognya sangat berguna bagi para siswa-siswi,Saya mau bertanya Kenapa desain Interior harus di desain Secara fleksibel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. desain interior bisa dilakukan dengan cara fleksibel karena dimungkinkan orang yang memanfaatkan ruangan yang telah kita desain itu bisa jadi orangnya berubah.mungkin memang berubah orangnya artinya seleranya berbeda bisa jadi orangnya tetap tetapi seleranya yang berubah mengikuti suasana waktu sehingga kita masih bisa mengembangkan desain interiornya menurut selera yang menyesuaikan waktu yang lagi berjalan itu

      Hapus
  61. terimakasih pak atas informasinya tentang desain interior saya mau bertanya desain interior sangat penting untuk membentuk ruangan yang indah dan nyaman tapi kenapa masih banyak orang memandang sebelah jurusan tehnik interior di smkn 3 buduran ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi mereka kurang mengenal dengan jurusan interior kapal ini

      Hapus
  62. Terimakasih pak atas blognya,sangat mmebantu dalam mengerjakan tugas interior kapal

    BalasHapus
  63. Penambahan pemahaman...

    Saya mau bertanya pak, dengan memperhatikan 3 konsep utama tadi apa yang bisa dijadikan penilaian / sebuah interior dikatakan bagus dan memenuhi syarat yang baik?

    Moch.Agus Firmansyah (XI-IK/23)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada nilai terapan yang sudah ditentukan baik oleh Stephen desain maupun oleh permintaan dari owner.namun ide dari keduanya tidak mungkin menabrak pada tatanan prinsip atas suatu keilmuan interior contohnya yang terkait dengan masalah kenyamanan dan keindahan.kenyamanan itu terkait dengan standar ukuran dalam ruangan maupun standar ukuran perlengkapan yang ada di dalam ruangan yang dimanfaatkan oleh pengguna ruangan

      Hapus
  64. Permisi pak mau bertanya bagaimana penerapan ruang dalam kapal agar bisa dikembangkan untuk multifungsi pada satu ruang ?, dan ruangan apa saja yang dapat diterapkan dengan system tersebut ?

    FIRNANDA HERMALIA PUTRI (14)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide kreatif seperti itu dapat diterapkan pada banyak ruangan di kapal. tinggal bagaimana dapat menemukan dan menerapkan teknologi yang mendukung pada niat tersebut. tidak harus teknologi yang rumit tetapi teknologi sederhana pun masih bisa memungkinkan

      Hapus
  65. DesiRachmawati. (XI_IK/08)
    Pak saya mau bertanya. Hiasan yang biasa digunakan dahulu kan lukisan dan ukiran. Kalau hiasan yang biasa digunakan pada zaman sekarang itu apa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pada selera yang akan menempatkan. hiasan model yang dahulu pernah ada tidak serta merta ditinggal,baik berbentuk lukisan kaligrafi relief miniatur maupun benda-benda yang terkait dengan nilai kesejarahan maupun nilai prestasi

      Hapus
  66. apakah desain interior dengan arsitek itu berbeda?dan mengapa jurusan interior sangat terbatas?

    Nama : Dina Puspita Sari (XI-IK/12)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lebih cenderung menyatakan terkait.desain interior lebih terfokus kepada bagaimana merancang dalam ruangan untuk kenyamanan dan keindahan.sedangkan arsitektur itu pada perancangan untuk seluruh bangunan nya bagaimana melihat keindahan dan kenyamanannya

      Hapus
  67. Selamat pagi pak,
    Apa dalam mendesain interior dalam mempengaruhi lingkungan sekitar?

    Nama: laurensia nila
    Kelas: XI-IK
    No: 20

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum saya mau bertanya.
    Apa pengaruh perkembangan gaya hidup dengan perkembangan desain interior ruang?

    Nama: Loengga Pramudya
    Kelas:XI-IK
    Absen: 21

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaruhnya adalah pada tuntutan pemanfaatan sesuai dengan kondisi waktu, ruangan, keindahan dan kenyamanan

      Hapus
  69. pak saya mau bertanya, di interior Kapal ini selain mendalami di ilmu desain interior apakah ada yang lain selain itu ?
    Ari Muji Astutik 04

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Assalamu'alaikum pak saya mau bertanya, apakah dalam pengerjaan interior tersebut yang mengerjakan desainer itu sendiri atau tenaga kerja bagian interior kapal?

    Nama : Intan Aprilia Hapsari
    Kelas : XI-IK/18

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum pak,seorang desainer interior yang pengerjaan nya kurang tepat apa berpengaruh bagi lingkungan masyarakat?

    Sailendra Dwi A (XI-IK/33)

    BalasHapus
  74. Pak mau tanya,apakah di interior Kapal hanya mempelajari pada bahan kayu pak atau ada bahan lain ? contohnya apa pak

    Nama:nur alfiansyah
    Kelas:XI-IK
    Absen:29

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain kayu kita bisa menggunakan wallpaper, galvalum galvanis, GRC, PVC, melamine, wpc....DLL.tergantung digunakan untuk konstruksi interior atau pelapisan permukaan nya

      Hapus
  75. Pak saya mau tanya,di desain interior memiliki banyak kaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia,apakah ilmu teknologi sangat penting untuk kemajuan desain interior?

    Nama: Devi Rita kusuma utami
    Kelas : XI IK / 10

    BalasHapus
  76. Bagaimanai seorang perancang interior dahulu merancang interior ruang sebelum adanya perkembangan teknologi yang canggih?

    Nama : Ramadhani Berlianna Putri
    Kelas: XI - IK / 30

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada pedoman yang tidak berubah pada saat ingin melakukan perancangan interior yaitu memberikan kenyamanan serta memberikan nilai keindahan

      Hapus
  77. Assalamualaikum pak mau tanya, apakah mendesain interior hanya untuk bertujuan memperindah suatu ruangan kah, atau ada tujuan lain?

    Nama:hafidz kurniawan
    Kelas :XI-IK
    No :16

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam. ada juga untuk menambah nilai estetika, sekaligus memberikan peningkatan rasa nyaman saat digunakan

      Hapus
  78. yang mampu memberikan rasa nyaman pada penggunanya dan tidak menimbulkan kesulitan tapi lebih memberikan kemudahan dan dukungan atas aktivitas pengguna

    BalasHapus
  79. Apa saja yang harus dipertimbangkan atau diperhatikan saat menggunakan lingkungan sebagai objek perancangan


    Nama:Loengga Pramudya
    Kelas:XII-IK
    Absen:20

    BalasHapus
  80. Assalamu'alaikum pak saya mau bertanya, sebelum membuat gedung-gedung yang tinggi kan dibutuhkan arsitektur dan desainer, apa itu ada perbedaannya pak antara arsitektur dengan desainer?? Terima kasih.

    Nama : Sailendra Dwi A
    Kelas: XII-IK / 32

    BalasHapus
  81. terimakasih pak atas informasinya semoga membantu
    assalamu'alaikum pak mengapa perancangan berpedoman pada teknis dan mekanis? dan bagaimana jika hasil yang dirancang tidak memuaskan/tidak sesuai ekspektasi?

    nama : Intan Aprilia H.
    kelas : XII-IK
    no.absen : 17

    BalasHapus
  82. Alhamdulillah terima kasih pak, info yang disampaikan di blog ini sangat bermanfaat bagi saya dan siswa-siswi lainnya. izin bertanya pak, apa yang harus dimiliki seorang designer interior? & cara supaya bisa menyusun dengan seksama bagaimana pak?

    Nama: Rizki Wahyu Aulia
    Kelas; XII-IK (31)

    BalasHapus
  83. Mohon maaf saya ulang pak, karena sebelumnya nama akun google saya tidak muncul

    BalasHapus
  84. Terimakasih pak atas informasinya. Izin bertanya pak,apa ada faktor lain selain 3 faktor diatas dalam sistem perancangan interior?

    Nama : Dina Puspita Sari
    Kelas : XII-IK /11

    BalasHapus
  85. Assalamualaikum pak. Saya mau bertanya pak
    Untuk menghasilkan rancangan yang baik secara teknik dan estetis, apa hanya dengan komunikasi yang baik saja pak

    Nama : Desi Rachmawati
    Kelas : XII-IK/07

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh....soal jam terbang/pengalaman kerja

      Hapus
  86. Assalamualaikum pak mau bertanya, apakah kita hanya mendesain ruangan interior kapal dan interior rumah saja pak? kalau seandainya mendesain interior kereta api dan interior pesawat terbang apakah berpengaruh pak?


    NAMA:FIRNANDA HERMALIA PUTRI
    KELAS:XII-IK
    NO:13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh...... Pengaruh bagaimana maksudnya?

      Hapus
  87. Assalamualaikum pak saya mau bertanya, mengapa sejak dahulu peran seorang perancang desain diharuskan untuk menyelesaikan permasalahan dalam merancang desain?

    Nama : Vina Laura Putri
    Kelas : XII-IK/33

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh... La itu memang tugasnya

      Hapus
  88. assalamualaikum pak, saya mau bertanya,ketika kita sekolah ke jurusan kontruksi kapal atau keperguruan negri,apakah bisa kita terapkan untuk membangun rumah atau gedung pak?

    Nama : Zabrina ferona
    Kelas : XII-IK/34

    BalasHapus
  89. selamat pagi pak, saya mau bertanya... apakah desainer interior kapal dapat mendesain interior lainnya? semacam interior kereta api, interior bis

    nama: laurensia nila
    kelas: XII-IK/19

    BalasHapus
  90. Assalamualaikum pak saya mau tanya tentang perkembangan teknologi yang menjadi latar belakang dalam perancangan interior dalam suatu ruangan kapal pesiar








    Nama:M.Aswin
    Kelas:XII-IK/26

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.... Berkembang sesuai selera masyarakat penggunanya

      Hapus
  91. Assalamualaikum pak, sya mau bertanya, Tujuan dari perancangan interior secara garis besar?

    Nama : Deva Irfansyah Firdaus
    Kelas : XII-Ik/08

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merancang penataan ruang agar dapat dimanfaatkan secara optimal

      Hapus
  92. Pernyataan diatas menyebutkan bahwa desain interior harus memperhatikan lingkungan sekitar, apakah ada desain interior yang tidak memperhatikan lingkungan sekitar dan merugikan lingkungan sekitar?

    Nama : Mochamat Jaelani
    Kelas :XII-IK/23

    BalasHapus
  93. Assalamu'alaikum pak. saya mau bertanya pak
    Mengapa saat kita membuat desain interior harus memperhatikan faktor-faktor lain yang mendukung ?

    Nama : Danuartha Hendriyanto
    Kelas : XII-IK/06

    BalasHapus
  94. Assalaamu'alaikum, saya mau bertanya pak, saat mendesain ruangan ada pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh perancang interior, yaitu keamanan dan segi teknis, contohnya bagaimana pak?

    Nama : Ayu Hanifah Windarti
    Kelas : XII-IK/05

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misalnya kamu akan menempatkan lampu gantung di dalam ruangan. Tapi posisi gantungan lampu mu itu menyebabkan kepala orang harus terbentur hanya karena na-eun kurang tinggi penempatannya. Bagaimana menurutmu?

      Hapus
  95. Assalamualaikum pak mau bertanya, mengapa desain interior kapal tidak terlalu dikenal masyarakat?

    Bukannya interior kapal bukan saja berhubungan dengan kapal namun bisa juga diterapkan dibangunan gedung, di kereta api dan di tranportasi lain ?,jika saya salah mohon dibenarkan pak

    Nama : Hafidz Kurniawan
    Kelas: XII-IK/15

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh... Pemahamanmu sudah tidak salah... Memang konsep dasar pekerjaan interior di kapal dapat juga di manfaatkan untuk pekerjaan interior pada kendaraan juga atau bagan bangunan sipil di darat...Selama tuntutan ruangnya memang memungkinkan untuk itu.

      Hapus
  96. assalamualaikum pak. saya mau bertanya, bagaimana jadinya jika kita mau memebuat desain interior namun kita tidak memperhatikan faktor lingkungan yang ada pak?


    nama: Muhammad Rijalul Falah
    kelas:XII-IK/27

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti desain yang kamu buat terkesan egois dan tidak mau menyatu dengan lingkungan

      Hapus
  97. Assalamualaiakum pak, yang di maksud dengan rancangan interior secara garis besar itu apa ya, dan kenapa tidak di sebutkan "alat" untuk mendesain ruangan pada faktor utama perancangan desain interior

    BalasHapus
  98. Assalamualaiakum pak, yang di maksud dengan rancangan interior secara garis besar itu apa ya, dan kenapa tidak di sebutkan "alat" untuk mendesain ruangan pada faktor utama perancangan desain interior?



    Nama: Abil Khoiri Alhusein
    Kelas: XII-IK / 01

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Yang ada di benak kita adalah garis besar yang dimaksud adalah mau kita buat seperti apa desain ruangan interior yang akan kita buat... Dari situ baru akan muncul desain konstruksinya,saat desain konstruksi muncul Maka akan muncul juga detail peralatan dan bahan yang dibutuhkan.... Jadi ada Tata urut berfikir dan bekerja dalam hal ini.

      Hapus
  99. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  100. Asslamualaikum pak, saya mau bertanya Fungsi dari ruang yang menjadi landasan utama dalam ilmu desain interior itu apa saja

    nama : nur Alfiansyah
    kls : XII IK (28)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh... Ada banyak.tergantung kamu mau mendapatkan job itu inginnya ruangan itu mau difungsikan untuk apa apakah ruang kerja ruang istirahat ruang keluarga ruang santai kan banyak pilihannya...

      Hapus
  101. assalamualaikum pak, saya mau bertanya,seorang perancang harus mempertimbangkan faktor faktor keamanan,segi teknis,dan juga segi estetika.

    apakah segi estetika sangat berpengaruh untuk desain interior?

    NAMA : DEVI RITA KUSUMA UTAMI
    KELAS: XII - IK (09)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0 waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.... Ya jelaskan.bagaimana mungkin kalau misalnya suatu ruangan kita desain untuk ruang istirahat tetapi konstruksi yang kita rencanakan seolah-olah seperti di dalam ruang kerja kan nggak nyambung

      Hapus
  102. Assalamualaikum pak, saya mau bertanya bagaimana resiko jika segi teknis dan mekanis dalam ruangan tidak diperhatikan secara baik ?

    Nama : Ari Muji Astutik
    Kelas : XII-IK / 04

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.... Resikonya tentu kamu tak dapat bekerja untuk mewujudkan desain interior ruanganmu secara optimal

      Hapus
  103. Assalamu'alaikum pak terimakasih atas informasinya. saya izin bertanya
    perancangan ruang interior yang tidak mengindahkan lingkungan sekitarnya bisa berakibat tidak baik untuk ruangan tersebut.contoh akibat tidak baik bagi ruangan tersebut itu apa saja pak?


    Nama : Ramadhani Berlianna Putri
    Kelas: XII - IK/29

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.... Umpama kamu sedang merancang ruang untuk istirahat,tentu ruanganmu membutuhkan ventilasi cahaya dan udara yang sangat bagus artinya harus cukup dan lancar untuk menggantikan cahaya dan udara ruangan yang kamu rencanakan. Apa jadinya kalau ruangan yang kamu rancang itu itu berada di suatu posisi yang sulit mendapatkan udara dan cahaya matahari tersebut...?

      Hapus
  104. Assalamualaikum pak, saya mau bertanya ketika kita ingin menciptakan ruang multifungsi apakah kita membutuhkan ruangan yang cukup luas atau kecil pak?, sedangkan kecil bagaimana mengatur perabot sehingga ruangan itu bisa multifungsi pak?


    Muchammad Khaqim Al Bayhaqi
    XII-IK/24

    BalasHapus
  105. Assalamualaikum pak, saya mau bertannya Mengapa perancangan ruangan dinamakan interior?,darimana asal mula kata interior itu ada?, Dan siapa orang pertama kali yang mempunyai ide untuk memberi nama interior?

    Nama: Dimas Aditya Nugroho
    Kelas: XII-IK/10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh... Saya rasa dari segi kebahasaan. Internal artinya dalam eksternal artinya luar....kalau kamu tanya siapa orang pertama kali yang menggunakan itu Mohon maaf saya tidak tahu

      Hapus
  106. Assalamualaikum pak, saya mau bertanya.. Teknik apa yang dari zaman belum berkembangnya teknolgi sampai berkembangnya teknolgi sekarang masih dipakai? dan berfungsi sebagai apa pak?

    nama: eka rahma widya sari
    kelas: XII-IK/12

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.... Ada banyak teknik yang masih dipakai hingga saat ini... Contohnya tentang pewarnaan, teknik pelapisan, teknik penyambungan melintang maupun memanjang, teknik penyatuan .... Hanya caranya saja yang makin berkembang

      Hapus
  107. Assalamualaikum pak, saya mau bertanya apakah bisa ruangan kapal selam dibuat megah seperti ruangan yang berada di kapal pesiar meskipun kapal selam terhalang ruang yang sempit? Dan jika bisa sistem atau cara pengaturan ruangan memenuhi persyaratan itu bagaimana pak?

    Nama : Kharisma tri wardani
    Kelas : XII-IK/18

    BalasHapus
  108. Assalamualaikum pak, saya mau bertanya apa perbedaan interior didalam rumah dan kapal? Dan saat pendesainan interior dalam rumah dan kapal mana yang lebih mudah untuk menata ruangan tersebut?

    Nama : Fitria Choirul Nisa
    Kelas : XII-IK/14

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh... Sangat relatif, tergantung kepiawaian SDM yang mengerjakan

      Hapus
  109. Assalamu'alaikum pak saya mau bertanya, teknologi apa saja yang digunakan dalam pengembangan pembuatan interior ruangan


    Muhammad Andharu Yoga P.
    XII IK/25

    BalasHapus
  110. Assalamu'alaikum, saya Moch. Agus Firmansyah dari kelas XII-IK (22)

    saya akan mengajukan pertanyaan yang saat ini sesuai dengan realita kehidupan kita sekarang ini.
    Pertama, untuk pembelajaran saat ini kita tidak memungkinkan untuk pergi ke sekolah, apakah efektif juga belajar dengan forum/komunitas lain yang mungkin menjadi pengganti belajar kita?.
    Kedua, untuk melanjutkan mempelajari tentang desain interior, apakah baik jika melanjutkan pembelajaran ke kuliah dengan jurusan "desain interior"?, sementara kan saya saat ini bersekolah dengan jurusan "interior kapal" yang mana itu lebih cocok dengan jurusan kuliah "teknik sipil"/"arsitektur"

    BalasHapus
  111. Assalaamu'alaikum pak, saya Ady firmansyah dr kelas Interior kapal, Dalam kondisi apa ruangan yang ada dalam kapal, perabotnya dijadikan multifungsi? Apakah ada faktor lain selain ruangannya sempit (contoh ruang abk kapal).

    BalasHapus
  112. Assalamualaikum pak saya mau bertanya, apa kelebihan dari desain interior kapal dalam perkembangan teknologi di zaman sekarang?


    Nama: Ilham Jaya
    XII-IK/16

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam... Yang jelas semakin lebih bervariasi bentuk maupun bahannya juga konstruksi

      Hapus
  113. Asallamualaikum pak alat apa saja yang digunakan untuk memudahkan pengembangan pembuatan interiorinterior kapal dalam ruangan dengan secarase cara detail


    Nama : Riyan Rasigit
    Kelas : Xll-ik/30

    BalasHapus
  114. Boleh sepanjang tidak mengurangi kaidah kekuatan dan kenyamanan hasil pekerjaan tersebut saat difungsikan

    BalasHapus
  115. Kedua-duanya penting. Jika ada kesalahan maka wajib dilakukan pembenahan

    BalasHapus
  116. Assalamualaikum pak saya mau tanya, desain interior kapal apakah berbeda dengan perkembangan teknologi zaman

    Nama : Ivan Akbar Firmansyah
    Kelas: X-IK/15

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam... Saya kurang paham dengan pertanyaanmu coba perhatikan lagi

      Hapus
  117. Assalamualaikum pak,mengapa perancangan yang kurang tepat bisa berakibat salah terhadap suatu penilaian orang yang berada didalamnya?

    NAMA=SAHWA RIZKI AMRILLAH DEWI
    KELAS=X-IK/26

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam....ya itu manusiawi kalau secara perancangan sudah salah akhirnya akan orang bingung melihatnya ini bagaimana ini interior kapal kok bentuknya misalnya dibuat motif yang tidak sesuai dengan suasana di dalam ke kapal dan sekitar ruangan itu sendiri

      Hapus
  118. Assalamualaikum pak
    Saya izin bertanya

    Selain 3 faktor utama yang harus dilibatkan dalam sistem perancangan Interior adakah faktor yang lainnya?

    Nama: Amanda amelia lurisa
    Kelas: X/Interior Kapal
    Absen: 05

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam... Boleh juga dipertimbangkan keinginan atau selera dari pihak owner nya

      Hapus
    2. Waalaikumsalam... Silakan scroll ke atas ada pertanyaan yang sama dengan pertanyaan mu

      Hapus
    3. Waalaikumsalam.... Silakan scroll ke atas ada pertanyaan yang sama dengan itu

      Hapus
  119. Assalamualaikum pak, saya ingin bertanya. Apakah faktor lingkungan sangat penting untuk objek perancangan?? Dan apa akibatnya jika perancang ruang interior tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya??

    Nama: Dika indah wahyu lestari
    Kelas: X-IK/09

    BalasHapus
  120. assalamualikum pak, saya ingin bertanya. Apa pengaruh jenis ruang dalam interior kapal ? terima kasih
    nama : sherly indah trikusuma
    absen : 29
    kelas : 10

    BalasHapus
  121. assalamualaikum pak saya ingin bertanya, apa pengaruh jenis ruangan dalam interior kapal? terima kasih
    nama : sherly indah trikusuma
    absen : 29
    kelas : 10

    BalasHapus
  122. assalamualaikum pak, saya mau bertanya apakah alat yang digunakan untuk membuat desain interior juga mengalami perubahan seiring berkembangnya teknologi? jika ada, bagaimana bentuk perubahannya?

    adellia putri
    x/ik (03)

    BalasHapus